konsultan pajak jakarta jabodetabek jasa urus spt dki jakarta selatan utara barat timur
   

Silahkan Konsultasikan Masalah Pajak Anda

Telp saya

Kirim SMS ke saya

No. Telkomsel 0813.5406.6260

Halo WP…..( Wajib Pajak ) ditengah kesibukan saya karena harus bolak balik untuk memberikan layanan ke klien masalah pajak, kali ini saya akan coba membahas dan memberikan sedikit ilustrasi tentang SPT Tahunan Orang Pribadi yang jatuh temponya adalah paling lambat akhir bulan Maret. Maksudnya gimana sih? Begini ya, misal kita akan melaporkan SPT tahunan Orang Pribadi 2015, maka pelaporan SPT tahunan Orang Pribadi nya paling lambat adalah akhir bulan Maret 2016.

spt tahunan orang pribadi 1770 ss formulir batas akhir telat pelaporan perhitungan fungsi spt tahunan perorangan

ilustrasi : spt tahunan orang pribadi

Sampai disini sudah paham ya? Nah sekarang saya akan mencoba menjelaskan Jenis Form SPT yang digunakan.

Secara Umum Form SPT Tahunan Orang Pribadi ada 3 Jenis yaitu :
1. SPT 1770
2. SPT 1770 S
3. SPT 1770 SS

Lalu bedanya apa sih diantara ketiga jenis SPT tahunan Orang Pribadi diatas? Yang membedakan adalah yang menggunakannya ( karyawan atau pengusaha ), dan Jumlah Penghasilannya.

Begini ilustrasinya,

  1. Mas Hans adalah karyawan yang bekerja di PT Abal-abal dengan gaji total setahun 60 juta, maka Mas Hans harus memakai SPT Tahunan Orang Pribadi 1770 SS ( Sangat Sederhana )
  2. Mas Josi adalah seorang psikolog, dia bekerja di 2 tempat PT A di kota dan PT B di ibukota, maka Mas Josi harus memakai SPT Tahunan Orang Pribadi 1770 S ( Sederhana )
  3. Mas Arma adalah seorang yang pakar dalam bidang pajak di wilayah kota, dia bekerja sebagai seorang Manajer Pajak di PT A yang beroperasi di Kota besar, selain itu dia punya usaha pijat lulur panggilan jogja magelang dan mempunyai beberapa cabang tersebar di beberapa kota. Nah karena dia karyawan dan juga punya usaha maka harus menggunakan form SPT Tahunan Orang Pribadi 1770

Lalu bagaimana langkah-langkahnya dan apa saja yang perlu disiapkan?

  1. Persiapkan bukti potong ( bukti potong yang diperoleh di tempat kita bekerja )
  2. Persiapkan Form SPT Tahunan Orang Pribadi yang sesuai dengan anda
  3. Isi dan jangan lupa ditandatangani
  4. Bayar apabila ada kekurangan bayar setelah dihitung.
  5. Setelah Bayar ( kalau kurang bayar ) bawa seluruh dokumen ke kantor pajak terdaftar.

Sangat mudah bukan? Ingat! Anda harus teliti untuk mengerjakannya. Kalau masih bingung bisa dikonsultasikan dengan konsultan pajak anda dalam pembuatan SPT tahunan Orang Pribadi. Ayo segera buat dan laporkan SPT tahunan Orang Pribadi tahun 2015 anda, ingat! batas waktunya akhir maret 2016 ya, jangan sampai lupa. Sekian dulu yah dan terima kasih